Timnas Indonesia Raih Tempat Ketiga Piala AFF U-15 2019

Timnas Indonesia Raih Tempat Ketiga Piala AFF U-15 2019

Kemenangan tim Garuda Asia akan Vietnam pada pertandingan Jumat (9/8.2019) di Thailand membawa Indonesia keluar sebagai juara ketiga Piala AFF U-15 2019. Adu penalti menjadi ajang keberuntungan Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia Gagal Melenggang ke Final

Kesempatan Timnas Indonesia mempertahankan gelar Piala AFF U-15 2019 kandas sudah. Pada laga semifinal yang dilangsungkan di Institute of Physical Education Chonburi Campus Stadium, Chonburi, Thailand pada Rabu, (7/8/2019), Indonesia kalah dari tuan rumah dengan skor akhir 0-2. Di babak pertama, Timnas Indonesia tampak menekan pertahanan Thailand. Marselino Ferdinan mendapat kesempatan tendangan bebas di menit ke-17, juga umpan silang melalui sundulan Valeron di menit ke-21, namun masih gagal menjadi gol. Thailand juga beberapa kali mendapatkan peluang di menit ke-26 dan 38. Namun, tidak ada gol tercetak meskipun kedua tim saling menyerang.

Barulah di babak kedua, Thailand aktif menyerang pasukan Garuda Asia. Niphitphon Wongpanya akhirnya berhasil menembus gawang yang dijaga I Made Putra sebanyak dua kali. Gol pertama dibuat Niphitphon pada menit ke-53 setelah mengecoh pemain belakang Indonesia di kotak pinalti. Anucha Somonwat nyaris menembus gawang Indonesia kembali di menit ke-65, sayang tembakannya meleset. Gol kedua Thailand akhirnya terjadi pada menit ke-71 setelah Niphitphon mengecoh bek Kadek Arel Priyatna. Sayang, meskipun Timnas Indonesia berusaha mengejar ketertinggalan di sisa waktu, Thailand tetap unggul 2-0 hingga pertandingan berakhir. Dengan ini, Indonesia pun gagal melenggang ke final Piala AFF U-15 2019.

Kemenangan Timnas Indonesia dari Vietnam

Kekalahan Timnas Indonesia U-15 membuat mereka bertemu dengan Vietnam dalam memperebutkan peringkat ketiga setelah Vietnam kalah dengan skor 3-1 dari Malaysia. Pertandingan ini menjadi pertemuan kedua Indonesia dan Vietnam di Piala AFF U-15 setelah sebelumnya bertemu pada laga perdana grup A. Pertandingan dilangsungkan pada Jumat (9/8/2019) di Institute of Physical Education Chonburi Campus Stadium, Chonburi. Pelatih Bima Sakti menempatkan Alexandro Kamuru, Faizal Shaifullah, dan Muhammad Valeron di lini penyerang. Kemudian ada Ruy Arianto, Mikael Alfredo, dan Marselino Ferdinan di lini tengah. Sementara posisi empat bek diisi oleh Alfin Farhan Lestaluhu, Marcell Januar Putra, Ahmad Athallah Araihan dan Dimas Juliono Pamungkas. I Made Putra Kaicen menempati posisi kiper seperti biasa. Di babak pertama dan kedua, sama sekali tidak ada gol tercetak dari kedua tim bahkan hingga empat menit perpanjangan waktu. Hal ini membuat pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti. Berikut sebaran adu hasil eksekusi adu penalti:

VIETNAM:  Ha Vien Viet (diblok), Nguyen Van Bay (+), Nguyen Phu Nha (diblok), Nguyen Dinh Duc (+) , Nguyen Cong Son (diblok)

INDONESIA:  Resa Aditya Nugraha(+), Alfin Farhan Lestaluhu (diblok), Marcell Januar Putra (melenceng), Wahyu Agung (+), Ahmad Araihan (+)

Tendangan dari Vietnam sebanyak tiga kali berhasil ditangkis oleh kiper I Made Putra Kaicen. Sementara tiga pemain Timnas Indonesia U-15, Resa, Wahyu dan Ar-Raihan masing-masing sukses menembus gawang Vietnam. Dengan ini Timnas Indonesia U-15 memastikan kemenangan pertandingan dengan skor 3-2.

Malaysia Juarai Piala AFF U-15 2019

Malaysia maju melawan Thailand di babak final tiga jam setelah pertandingan Indonesia vs Vietnam dimulai. Gol pertama diciptakan Theekawin Thansri dari Thailand pada menit ke-16. Namun, Malaysia segera membalas di babak kedua dengan dua gol dari Muhammad Izrin Ibrahim dan M Nabbil Qayyum masing-masing di menit 69 dan 79. Setelah gol ini, pertandingan sempat diwarnai keributan pada injury time antara pemain Malaysia dan Thailand yang berawal dari ketegangan ketika pemain Malaysia akan mengambil tendangan sudut. Beberapa pemain terlibat adu fisik yang menyebabkan wasit Steve Supresencia dari Filipina menghentikan pertandingan untuk sementara dan menghadiahkan kartu merah untuk pemain yang terlibat. Setelah situasi mereda, pertandingan dilanjutkan. Namun tak berselang lama, wasit meniup peluit panjang tanda berakhir pertandingan. Dengan ini, Malaysia menutup pertandingan dengan kemenangan 2-1 atas tuan rumah. Ini merupakan kemenangan kedua kalinya bagi Malaysia sejak menjadi juara pada Piala AFF U-15 2013. Untuk melihat informasi sepakbola timnas Indonesia lainnya, kunjungi Bola Nusantara.

Posted in: Media

Leave a Comment

IBX5989CA17BA363