Sering Menahan BAB Akan Mengganggu Kesehatan

Sering Menahan BAB Akan Mengganggu Kesehatan

Buang air besar atau BAB saat perut sudah mulas dan keinginan terasa mendesak, ada kalanya toilet sedang digunakan orang lain atau kondisi sedang di perjalanan sehingga tak bisa segera ditunaikan. Menahan BAB adalah cara untuk menyelamatkan diri dari kondisi terdesak tersebut.

tahan bab

National Library of Medicine Amerika Serikat menulis bahwa tinja atau feses yang seharusnya dibuang dalam proses BAB sejatinya adalah sisa makanan dan kotoran sehingga bersifat racun.

BAB merupakan proses terakhir dari sistem pencernaan, sehingga tidak seharusnya ditahan apalagi sering dilakukan.

“Setelah kita makan, ada refleks gastrokolik atau sinyal bahwa kita harus BAB,” jelas dokter penyakit dalam, Dana Cohen, MD seperti dilansir lamanReaderDigest, Kamis (14/4/2017).

Namun jangan sampai hal itu jadi kebiasaan, sebab terlalu sering menahan BAB dapat membahayakan kesehatan diri sendiri.

Karena terjadi secara alami melalui refleks gerakan usus, maka makin lama Anda menahan akan makin besar resikonya untuk kesehatan. Misalnya Anda bisa mengalami kram perut dan sembelit karena cairan dalam usus diserap oleh tubuh. Hasilnya kotoran akan menjadi lebih padat dan sulit dikeluarkan.

Otot pada usus besar yang berfungsi mengeluarkan kotoran pun lama kelamaan akan kehilangan refleksnya. Akibatnya proses BAB Anda juga jadi lebih lama dan sulit. Hasilnya, bisa terjadi ambeien atau masalah lainnya.

Posted in: Lifestyle

Leave a Comment