Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Perjalanan dengan sepeda motor seringkali terganggu mesin yang cepat panas. Seperti yang diketahui, mesin yang cepat panas membuat performa motor kurang bertenaga. Lebih parah lagi, mesin yang cepat panas juga menyebabkan motor macet. Masalah ini tentu saja menghambat perjalanan anda. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui penyebab mesin motor cepat panas dan cara mengatasinya dengan menyimak ulasan berikut.

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Ada banyak hal yang menyebabkan mesin motor cepat panas. Adapun salah satu penyebabnya yaitu kesalahan dalam memilih bahan bakar. Perlu untuk anda ketahui, penggunaan bahan bakar yang tak sesuai dengan standarnya bisa menyebabkan mesin motor cepat panas. Selain itu, pengaturan bahan bakarnya yang mungkin terlalu irit juga menyebabkan masalah tersebut. Hal ini seringkali dilakukan pada sepeda motor yang memakai karburator.

Penyebab mesin sepeda motor bisa cepat panas lainnya yaitu telat mengganti oli. Oli yang tak kunjung diganti bisa menyebabkan kerja mesin menjadi terhambat karena terlalu kotor. Tak hanya itu, mesin motor yang cepat panas juga disebabkan oleh sistem pendinginannya yang kurang terawat. Setelah anda mengetahui apa saja penyebabnya, pastikan anda menyimak bagaimana cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mesin motor yang cepat panas ialah dengan mengganti olinya. Pastikan anda memilih oli dengan merk yang sesuai jenis sepeda motor anda. Selain berfungsi sebagai pelumas, oli juga mampu mendinginkan komponen mesin yang bergesekan. Tak hanya mengganti oli, pastikan anda selalu mengecek piston. Dimana kondisi piston yang terlalu rapat bisa menyebabkan mesin motor cepat panas.

Dengan mengetahui penyebab mesin motor cepat panas, anda akan lebih mudah dalam mengatasinya. Mesin motor cepat panas yang disebabkan karena sistem pendinginnya yang kurang terawat bisa diatasi dengan rutin melakukan pengecekan dan merawatnya sesuai dengan standarnya. Disamping itu, pastikan anda juga membersihkan semua kotoran yang ada di radiator sampai dengan sela-sela yang tak terlihat. Mesin motor anda dijamin tak akan cepat panas lagi.

Posted in: Otomotif

Leave a Comment

IBX5989CA17BA363