Mengenal Genset, Jenis dan Harga Genset

Mengenal Genset, Jenis dan Harga Genset

Kebutuhan energi tidak selamanya bisa dipenuhi dengan sumber daya yang ada saat ini. Terkadang, di kesempatan-kesempatan tertentu Anda juga membutuhkan sumber energi listrik cadangan seperti genset. Genset ini pun tidak dimiliki oleh sembarang orang. Harga genset yang terbilang cukup mahal tidak memungkinkan setiap orang bisa memilikinya. Karena itu biasanya hanya perusahaan dan digunakan untuk keperluan bisnis saja yang menggunakan genset sebagai sumber energi listrik cadangan. Daya yang dihasilkan oleh setiap generator ini pun bervariasi, mulai dari yang paling kecil hingga yang paling besar pun juga ada.

Jenis dan Harga Genset yang Ada di Pasaran, Berbeda Tergantung Fitur di Dalamnya

Genset (generator set) adalah seperangkat alat pembangkit listrik yang bisa menghasilkan energi listrik dari energi kinetik. Sumber listrik ini sering digunakan sebagai sumber energi listrik cadangan. Menggunakan genset akan sangat membantu dalam penyediaan energi listrik tambahan, apalagi saat sumber energi listrik utama sedang padam. Dengan adanya genset akan sangat membantu dalam menyediakan listrik cadangan saat listrik utama dari PLN padam. Genset yang dijual di pasaran umumnya dibagi menjadi dua tipe, yaitu open dan silent genset. Harga genset masing-masing tipe ini pun berbeda. nah, berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Genset Open (Terbuka)

Tipe genset yang pertama adalah genset terbuka (genset open). Sesuai dengan namanya, genset ini bersifat terbuka dan tidak memiliki tutup yang menutupi. Genset ini adalah jenis sumber energi listrik cadangan yang banyak digunakan masyarakat secara umum. Harga genset terbuka ini pun cenderung lebih murah dibandingkan dengan jenis genset lainnya. Untuk kapasitas daya yang bisa dihasilkan pun bervariasi tergantung ukurannya. Sayangnya salah satu kekurangan dari penggunaan sumber energi cadangan satu ini terletak pada suaranya. Karena terbuka, maka suara yang dihasilkan pun cenderung berisik. Suaranya yang cukup berisik akhirnya membuat pemilik harus memasang kedap udara pada ruang penyimpanannya. Atau yang biasanya dilakukan adalah memasang sumber listrik ini di luar ruangan.

  1. Genset Silent

Jenis kedua bernama genset silent atau genset tertutup. Generator jenis ini dipasang dengan tutup yang terbuat dari bahan baja dan juga dilengkapi dengan peredam suara di dalamnya. Kelebihan yang ditawarkan inilah yang membuat harga genset tertutup ini cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis sebelumnya. Meskipun jika dilihat dari variasi tipe dan kapasitas energi yang dihasilkan juga sama-sama beragam. Adanya tutup baja yang dilengkapi dengan peredam suara ini tentu akan memudahkan pengguna. Namun, faktor harga yang lebih mahal inilah yang membuat jenis genset ini tidak banyak digunakan.

Menyediakan sumber energi listrik cadangan bisa jadi adalah sebuah hal yang penting, terutama jika menyangkut penggunaan untuk khalayak yang lebih banyak. Perusahaan, pengembang bisnis, fasilitas-fasilitas layanan publik adalah beberapa contoh pengguna genset ini. Jenis generator yang disebutkan di atas adalah jenis genset yang biasanya digunakan. Variasi tipe dan kapasitas yang dihasilkan sebenarnya sama-sama bervariasi. Keunggulan lain yang diberikan oleh masing-masing jenis inilah yang membuat harga keduanya berbeda.

Jika melihat dari harga genset yang ditawarkan, Anda mungkin akan terkejut dibuatnya. Meskipun variasi tipe dan kapasitasnya sama, namun fitur yang diberikan yang berbeda membuat keduanya dibandrol dengan harga yang berbeda pula. Oleh karena itu, Anda harus pandai-pandai dalam memilih genset yang akan Anda gunakan. Menyesuaikan ukuran dan kapasitas generator dengan kebutuhan Anda akan membantu menekan budget yang harus dikeluarkan.

Posted in: Teknologi

Leave a Comment

IBX5989CA17BA363