Jenis Kerupuk Ini Paling Hits Yang Ada di Tanah Air

Jenis Kerupuk Ini Paling Hits Yang Ada di Tanah Air

Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang pada umumnya dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan.

rupuk

Sensasi kriuk dan ramainya saat dikunyah membuat kerupuk sudah jadi budaya dalam kuliner Indonesia yang beragam. Kerupuk sendiri sangatlah banyak jenisnya mulai dari warna, bentuknya, ukurannya yang bermacam macam dan ada juga yang berbentuk binatang seperti misalnya ikan dan lain-lain.

Dan ini beberapa jenis kerupuk yang mungkin banyak sekali di gemari di kalangan masyarakat.

  • Rambak

Jenis kerupuk ini banyak dijumpai di Jawa Tengah dan Jawa Timur, terbuat dari kulit sapi. Rasanya gurih, renyah dan bercita rasa khas. Proses pembuatannya agak lama sehingga harganya lebih mahal dibanding kerupuk lain.

  • Kerupuk udang

Kerupuk udang biasanya dihidangkan saat ada acara resmi atau kenduri dan pesta. Walau begitu bukan larangan juga menyediakan kerupuk udang sebagai hidangan sehari-hari. Bahan utama pembuatnya adalah udang kecil, sehingga rasanya menjadi gurih. Biasanya sentra pembuat kerupuk ini adalah di daerah pesisir semisal Sidoarjo.

  • Kerupuk uyel/putih

Ini kerupuk yang paling mudah dijumpai dan banyak penjualnya. Wadah khas kerupuk ini adalah kaleng besar berwarna biru dengan kaca di bagian depan. Bentuknya bulat dengan ulir keriting dan ukurannya besar. Rasanya gurih dan renyah sekali, serta murah meriah.

  • Kemplang

Kemplang adalah nama kerupuk khas Palembang, berbentuk bulat tebal berwarna putih. Bahan pembuatnya adalah ikan serta kanji. Rasanya gurih, renyah dan pas dimakan bersama nasi dan lauk pauk atau dikonsumsi sebagai camilan saja.

Posted in: Kuliner

Leave a Comment