Fitur Baru Facebook Penyaring Kabar Hoax

Fitur Baru Facebook Penyaring Kabar Hoax

Media sosial Facebook bakal lebih ketat dalam melakukan pengawasan terhadap konten palsu atau hoax. Sebuah fitur telah ditambahkan agar berita-berita bohong lebih dapat ditangkal. Fitur ini masuk ke dalam fitur pelaporan terbaru  yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk melaporkan konten-konten yang diduga hoax.

fb

Facebook telah mendapat sorotan tajam terkait berita bohong yang berlalu lalang dalam kronologi pengguna atau pun grup. Pasalnya, berita seperti ini mampu memengaruhi pemilihan presiden Amerika Serikat beberapa waktu lalu yang dimenangkan oleh Donald Trump. Bahkan beberapa pihak sudah diketahui memiliki pekerjaan sebagai pembuat kabar hoax untuk memenangkan salah satu calon presiden.

“Kami meyakini prinsip memberikan suara pada orang-orang dan bahwa kami tidak bisa menjadi penengah dari kebenaran sendirian, jadi kami melakukan pendekatan terhadap masalah ini dengan hati-hati,” tulis Facebook itu dalam pengumumannya.

Pada fitur ini Facebook mengenalkan  kemamampuan untuk memberikan tanda berita bohong dan mungkin dilakukan juga perubahan pada aloritmanya. Ada pula label untuk berita-berita yang “dipertikaikan” dan akan dirujuk pada pihak ketika untuk memastikan kebenarannya sebagai bentuk konfirmasi.

Dikutip dari laman BBC, semua berita yang terbukti palsu mendapatkan perlakukan tersendiri. Selain diberikan tanda mengapa kabar itu palsu dengan menambahkan tautan, Facebook juga bakal menempatkannya di posisi terbawah pada lini masa.  Sementara untuk berita yang “dipertikaikan” akan diberikan tanda peringatan agar pengguna menimbang kembali sebelum memutuskan berbagi atau share ke kronologinya.

Facebook siap memberi sanksi jika ada situs web kedapatan memiliki tujuan sebagai memalsukan diri sebagai penerbitan besar. Biasanya situs seperti ini ingin pembaca menyangka jika dirinya adalah sebuah media penyampai berita yang terkenal.

Posted in: Media

Leave a Comment