Daftar Pantai Populer di Balikpapan

Daftar Pantai Populer di Balikpapan

Kota Balikpapan dikenal sebagai kota bisnis yang didominasi oleh sektor gas, minyak, perdagangan, dan jasa. Maka, tak heran jika pertumbuhan di Kota Balikpapan ini tumbuh dengan cepat dan banyak dijadikan sasaran untuk mencari peluang pekerjaan dari kota atau daerah-daerah lain di Indonesia. Namun, bukan berarti kota ini hanya didatangi untuk kepentingan bisnis saja. Kamu masih bisa berlibur di kota minyak ini, apalagi jika kamu penikmat ombak dan pasir. Pantai-pantai di Balikpapan sangat layak untuk dikunjungi. Kamu bisa memilih menggunakan kapal ataupun pesawat. Cara mengecek harga tiket pesawat ada dua di antaranya mendatangi agent travel dan termudah melalui layanan online.

  1. Pantai Kemala

detik.com

Datanglah saat sore hari sembari menunggu matahari terbenam dan duduk di kursi-kursiwarung yang berada di pinggir pantai. Setiap meja menggunakan corak hitam putih kotak-kotak yang dipayungi tenda. Harga makanan dan minuman yang berada di tepi pantai pun terjangkau mulai dari Rp7.000 untuk cemilan dan Rp5.000 untuk minuman. Pantai Kemala memiliki ombak yang tenang tidak terlalu besar sehingga cocok untuk berenang ataupun sekedar bermain ombak. Hamparan pasir putihnya pun semakin memperindah pantai yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, pusat kota di Balikpapan. Namun, terkadang pihak pengelola kurang mengontrol kebersihan pantai sehingga banyak ditemukan sampah. Padahal, pantai ini memiliki konsep yang menyerupai dengan Bali contohnya gapura. Selain pengelola yang harus lebih sadar adalah pengunjungnya supaya tidak membuang sampah sembarang. Selain berenang, kamu bisa bermain wahana air contohnya banana boat dan flying fox dengan tarif Rp30.000,-  Setelah mengetahui cara mengecek harga tiket pesawat, kamu dapat memesan tanggal keberangkatan. Dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, kamu dapat menyewa mobil seharga Rp350.000 per hari atau menggunakan transportasi umum yaitu angkot no. 03 warna putih biru mudah dengan arif Rp5.000,- dan turun di Rumah Sakit Bhayangkara. Untuk masuk ke Pantai ini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp1.000,- tanpa membawa kendaraan. Ada beberapa hotel yang bisa kamu pilih, salah satunya hotel Menara Bahtera Balikpapan yang dapat dijangkau dalam watu tujuh menit.

  1. Pantai Manggar Segara

Source: Tripadvisor

Jarak dari Bandara ke Pantai Manggar kurang lebih 12,6 kilometer dengan waktu tempuh 26 menit. Pantai Manggar atau dikenal sebagai Segara Sari dikelola oleh Pemkot setempat. Samahalnya dengan Pantai Kemala, Manggar Segara pun memiliki hamparan pasir berwarna putih dan pohon pinus yang berada di pinggir-pinggir pantai. Fasilitas yang disiapkan oleh pengelola Pantai Manggar Segara Sari cukup lengkap,kamu dapat menyewa pelampung dengan berbagai bentuk dan warna, macam-macam wahana air seperti speedboat, jetski, ataupun banana boat. Sama seperti pantai lainnya, lelah bermain di pantai kamu bisa mengisi perut yang keroncongan dengan sajian makanan dan minuman khas Balikpapan dan nasional. Jika makan di pesisir pantai, olahan khas laut seperti udang, cumi-cumi, dan kepiting jangan sampai kamu lewatkan. Pun begitu di tempat ini.  Semuanya masih segar dan bumbunya pun meresap. Untuk satu porsi seafood amu harus merogoh kocek minimal Rp45.000,- .Tertarik untuk bersantai di Pantai Manggar Segara? Jika sudah tahu cara mengecek harga tiket pesawat, tunggu apalagi segera tentukan tanggal keberangkatan dan pesan. Karena tiket retribusinya sangatlah murah yakni Rp2.000 untuk anak-anak dan Rp3.000 untuk dewasa. Sedangkan untuk tiket parkir kendaraan roda dua Rp2.500 dan Rp10.000 untuk roda empat. Namun, jika kamu menginap di Hotel Menara Bahtera Balikpapan, jaraknya cukup jauh yakni sekitar 20 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 45 menit.

  1. Pantai Melawai

Pantai Melawai menjadi salah satu tempat nongkrong favorit anak Balikpapan karena letaknya yang strategis atau mudah dijangkau yakni berada di Jalan Pelabuhan Semayang Prapatan atau Jendral Sudirman. Di pantai ini, kamu tidak bisa melakukan aktivitas seperti halnya berenang, snorkeling, hingga diving. Tetapi, saat senja tiba dari Pantai Melawai kamu dapatmenyaksikan pesona matahari terbenam yang terindah di Balikpapan dari sini, tanpa terhalang gunung atau bukit hanya ada para nelayan. Saat malam hari tiba, kamu dapat duduk di atas tikar atau kursi sambil menikmati makanan dan minuman yang dijual di warung-warung. Selain warung kecil, di sektar pantai Melawai banyak kegiatan hiburan seperti karokean, restoran, dan cafe ataupun tempat istirahat seperti hotel. Terunik dari Pantai Melawai saat kondisi laut sedang pasang, air laut akan tenggelam dan hanya terlihat sebuah bukit kecil atau batu karang yang disebut dengan Pulau Babi. Kamu dapat dengan mudah mencapai ke Pulau tersebut saat sedang surut. Risikonya, saat sedang pasang, kamu bisa terperangkap di sana.

Posted in: Travel

Leave a Comment

IBX5989CA17BA363