Beberapa Tips Membuat Dapur Menjadi Bersih

Beberapa Tips Membuat Dapur Menjadi Bersih

Ibu rumah tangga mana yang tidak menginginkan sebuah dapur bersih dan terawat. Tidak peduli berapa luas dan besarnya, asalkan nyaman dan enak dijadikan tempat memasak. Dapur bersih minimalis memang menjadi tren saat ini. Dengan desain yang sederhana dan tidak terlalu banyak pernak-pernik, membuat tampilannya terlihat sangat rapi. Diperlukan perawatan yang rutin setiap harinya untuk menjaga kerapian dan kebersihannya.

6 Tips Sederhana Membersihkan Dapur

Adakalanya Anda merasa tidak semangat untuk memasak karena melihat dapur yang kotor dan berantakan. Bekas noda dimana-mana dan peralatan tidak diletakkan sesuai tempatnya. Padahal jika Anda mau rutin membersihkan setelah selesai memasak atau bahkan di pagi hari sembari membersihkan rumah. Kejadian ini tidak akan ditemui. Caranya sangat simple dan tidak butuh waktu lama. Lakukan kebiasaan dibawah ini setiap hari.

  1. Membersihkan dan mengosongkan wastafel

Tempat mencuci piring, buah, dan sayur yang ada di dapur bersih minimalis sejatinya harus selalu dalam keadaan bersih karena berkaitan dengan peralatan dan bahan yang Anda makan. Biasakan setelah mencuci peralatan, kosongkan wastafel sesudah dibersihkan dengan lap kering. Bekas cipratan sabun harus Anda hilangkan agar dapur terlihat rapi.

  1. Keranjang sampah ukuran besar

Sampah dapur terdiri dari 2 macam yaitu kering dan basah. Agar dapur bersih minimalis tetap terjaga keindahannya, lengkapi dengan 2 tempat sampah berukuran besar dan memiliki penutup. Ini sangat penting agar bau tidak menyebar ke seluruh ruangan dan juga lebih menghemat plastik. Meskipun begitu, disarankan Anda membuangnya setiap hari tanpa menunggu jumlahnya menumpuk.

  1. Membersihkan dekorasi dapur

Ibu rumah tangga yang modern zaman ini sangat menyukai hal-hal yang berbau artistik. Tidak hanya dijadikan pajangan di ruang tamu saja. Dapur pun tak luput diperindah dekorasinya. Pilih pajangan yang mudah dibersihkan dan memiliki fungsi lain. Misalnya Anda membeli tempat sendok yang lucu dengan desain yang unik. Jadi tidak hanya bermanfaat sebagai hiasan saja tapi juga bisa dipakai untuk tempat peralatan makan. Bersihkan setiap hari agar debu tidak semakin menumpuk.

  1. Mengelap meja setiap hari

Sama seperti perabotan rumah tangga lainnya. Meja di dapur bersih minimalis juga harus Anda perhatikan. Apalagi spot ini sangat mudah kotor karena terkena cipratan minyak, saus, kuah, dan lain-lain. Jika tidak segera dilap. Akan menimbulkan bekas kotoran yang sulit dihilangkan. Usap permukaan meja dengan kain basah yang bersih lalu keringkan dengan lap. Jika dikerjakan setiap hari. Kondisi tempat memasak akan terlihat cantik dan rapi tanpa ada kotoran sekecil apapun.

  1. Perawatan peralatan masak

Banyak perlengkapan dan peralatan yang Anda gunakan sehari-hari. Kondisinya juga harus diperhatikan. Jika ada yang rusak, sebaiknya segera perbaiki. Misalnya pisau yang sering dipakai, harus diasah lagi agar tajam. Panci atau wajan yang sudah berkerak, juga perlu digosok agar keraknya hilang dan kembali bersih seperti awal. Jika ada pegangan yang kendor sebaiknya dikencangkan agar bisa berfungsi dengan normal.

  1. Kebersihan ruangan dapur

Ketika membersihkan semua ruangan, jangan sampai terlewatkan bagian dapur. Sapu dan pel setiap hari lantainya agar kebersihannya tetap terjaga. Kondisi ini akan membuat Anda semakin senang memasak beberapa hidangan lezat untuk keluarga.

Kelima tips merawat dapur bersih minimalis yang disebutkan diatas, bisa dilakukan dengan menggunakan alat sederhana yang ada di rumah. Semakin sering dibersihkan, akan membuat peralatan dan perabotan masak yang Anda miliki awet dan tidak mudah rusak. Jangan lupa selalu bersihkan dan tata dengan rapi pada tempatnya setelah selesai digunakan.

Posted in: Tips & Trik

Leave a Comment

IBX5989CA17BA363